NAMA :ARIEF BUDIMAN
KELAS : 3EA18
NPM :11210044
penggunaan segmentasi pasar dalam penetapan strategi pemasaran
Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan
strategi pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi
pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai
segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama,
lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau
lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting
untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan.
Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi
perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap
produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling
mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka
akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran
segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi
pemasaran mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam
kebutuhan pelanggan mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan jumlah
segmen pasar yang ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang tepat
adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Memilih
variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan
pasar konsumen tertentu.
Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk
kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk
dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis
segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi
bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari
E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku
mereka terhadap bauran pemasaran. Dengan kesamaan karakteristik perilaku
yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen
yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga
meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen.
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen
yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi,
bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan
perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan
untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi
bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar