>>>>>>>>>>>SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA,KLO DI COPAS HARUS ADA LINK DAN IZIN DARI SAYA <<<<<<<<<<<

Senin, 03 Desember 2012

landasan teory (Metode riset)





Aktivitas investasi yang dilakukan oleh seorang investor tidak hanya mengandung unsur return tetapi juga terdapat unsur risiko di dalamnya. Risiko investasi dibagi menjadi dua yaitu risiko sistematis dan risiko tidak sistematis. Risiko sistematis dipengaruhi oleh faktor makro sedangkan risiko tidak sistematis dipengaruhi oleh faktor mikro.

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh variabel independen tingkat suku bunga (X 1 ) yang berasal dari faktor makro dan tingkat likuiditas perusahaan (X 2 ) yang berasal dari faktor mikro terhadap variabel dependen risiko investasi (Y). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Untuk menguji pengaruh secara simultan variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) digunakan uji F, sedangkan untuk menguji pengaruh secara parsial variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji t.

Berdasarkan hasil uji F (simultan), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel independen tingkat suku bunga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen risiko investasi. Variabel tingkat suku mempunyai arah hubungan yang negatif. Variabel independen tingkat tingkat likuiditas perusahaan menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap variabel dependen risiko investasi.

Nilai Adjusted R Square sebesar 0,138 menunjukkan bahwa varian dari risiko investasi yang dapat dijelaskan oleh variasi tingkat suku bunga dan tingkat likuiditas perusahaan hanya sebesar 13,8% sedangkan sisanya sebesar 86,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Variabel lain tersebut dapat berupa faktor makro dan mikro lainnya yang belum dimasukkan dalam model, kondisi politik dan stabilitas keamanan yang terjadi di dalam negeri serta faktor psikologis dari para investor di pasar modal.

Berdasar hasil penelitian, dapat disarankan sebagai berikut: (1) para investor yang hendak menanamkan modalnya di pasar modal sebaiknya memperhatikan tingkat suku bunga SBI yang dikeluarkan oleh BI, (2) para investor juga harus memperhatikan faktor-faktor di luar faktor mikro dan makro ekonomi seperti kondisi sosial, politik dan keamanan, (3) untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti penelitian sejenis diharapkan menggunakan sampel penelitian dengan wilayah populasi yang lebih besar serta mengembangkan permasalahan dan pemakaian indikator-indikator yang lebih handal.

Tidak ada komentar: